Selasa, 25 Mei 2010

MERENCANAKAN BISNIS : M. Iksan AW, SE




SASARAN PEMBELAJARAN :
 Mengidentifikasi pemegang kepentingan utama yang terkait dalam bisnis.
 Menjelaskan fungsi-fungsi utama bisnis
 Menjelaskan bagaimana membuat rencana bisnis
P E N D A H U L U A N
Kegiatan apapun tanpa melalui proses perencanaan akan sulit mendapatkan hasil yang memadai.
Karena pelaksanaan kegiatan berjalan sebagaimana adanya tanpa melihat kejadian masa lalu dan
memperhatikan perubahan masa depan. Begitu pula dalam mengelola sebuah perusahaan manajer harus
merencanakan bisnisnya yang berguna untuk pedoman pelaksanaan dan sebagai evaluasi kinerjanya.
L I M A P E P E G A N G K E P E N T I N G A N U T A M A D A L A M B I S N I S ( F I V E K E Y
S T A K E H O L D E R S I N A B U S I N E S S )
 Pemilik (Owners): Setiap bisnis dimulai dari hasil ide mengenai barang dan jasa oleh orang
yang disebut wirausaha (entrepreneur). Ia mengorganisasikan (Organize) dan mengelola resiko
yang dihadapi mulai dari permulaan bisnis.
 Pemilik Tunggal, Banyak, dan Perseroan (kepemilikan dalam saham)
 Kreditur (Creditors): Perusahaan memerlukan dana lebih daripada yang didapat dari
pemilik. Kreditur dapat memberikan solusi sebagai penyedia pinjaman untuk memulai
bisnis. Contoh : Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Bank Muamalat dan sebagainya.
 Pekerja (Employees): Hasil ide pemilik untuk membangun bisnisnya, harus didukung
karyawan. Karyawan yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
 Pemasok (Suppliers): Menyelenggarakan bisnis membutuhkan bahan (material) yang
dibutuhkan untuk produksi melalui pemasok. Produk yang dijual hendaknya harus
berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi . Produk kualitas harus melalui proses
mengubah bahan berkualitas melalui cara produksi yang efektif, efesien dan produktif .

BAB 1
Kualitas bahan dan kesinambungan bahan perlu dicermati dalam memilih pemasok.
 Pelanggan (Customers): Tujuan akhir dari bisnis adalah sejauhmana produk atau jasa dapat
memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Bagaimanapun perusahaan harus tahu
tentang apa kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian apa yang ditawarkan
kepada mereka dapat direspon dengan baik.
Interaksi antara pemegang kepentingan utama, dapat diilustrasikan dibawah ini :



M E N C I P T A K A N I D E B I S N I S
Orang akan tertarik membangun bisnis hanya apabila mereka mengharapkan imbalan untuk usahanya.
Imbalan tersebut diantranya adalah :
 Kesempatan mendapatkan imbalan yang besar.
 Menjadi atasan bagi mereka sendiri daripada bekerja dengan orang lain
 Tertarik dengan tantangan dan prestise
Supaya bisnis berhasi, suatu perusahaan harus mempunyai keungggulan kompetitif atau sifat unik atas
produk/jasanya.



P E N G A R U H T E K N O L O G I D A L A M M E N C I P T A K A N B I S N I S
Peranan Teknologi penting dalam perkembangan perusahaan. Dengan penerapan teknologi terhadap
mesin baru proses produksi atau kegiatan bisnis lainnya dapat berjalan lancar dan mampu
meningkatkan produktivitas kerja serta mampu memenuhi permintaan pasar. Demikian juga Teknologi
Informasi mampu meningkatkan dukungan informasi untuk pengabilan keputusan dan meningkatkan
daya saing perusahaan.
Pemilik Perusahaan
Perusahaan
dijalankan oleh
karyawan Pelanggan
Kreditur Pemasok
Dana Investasi Pembelian



T U J U A N M A N A J E R
Memaksimalkan Nilai Firma.. Nilai sebuah firma diukur dari seberapa besar kemampuan mendapatkan
laba. Manajer selaku pengelola dituntut mampu mengatur sumberdaya perusahaan se-efektif dan seefisien
mungkin. Arah tujuan harus dijadikan pedoman pengelolaan.



L I M A F U N G S I U T A M A B I S N I S ( F I V E K E Y F U N C T I O N S O F B U S I N E S S )

FUNCTIONS
1. Management 2. Marketing
5. Finance 3. Accounting
4. Information
System



T I G A K E P U T U S A N B I A S A D A L A M B I S N I S ( T H R E E C O M M O N
B U S I N E S S D E C I S I O N )
ð Keputusan manajemen (Management decision)
Perlengkapan mesin apa yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk ?
Berapa karyawan yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk ?
Bagaimana dapat memotivasi karyawan agar bekerja lebih baik ?
ð Keputusan pemasaran (Marketing decision)
Barapa harga jual atas produk ?
Apakah harus ada inovasi produk lama ?
Apakah promosi iklan harus dibuat ?
ð Keputusan keuangan (Finance decision)
Apakah menjual saham atau meminjam kepada Bank ?
Berapa jangka waktu pengembalian hutang ?
Apakah perusahaan harus investasi ke dalam bisnis baru ?



L A N G K A H - L A N G K A H U N T U K M E N C I P T A K A N I D E B I S N I S ( S T E P S F O R C R E A T I N G A B U S I N E S S I D E A )



ð Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan (Identify Consumer Needs):
Penelitian pasar (Market research).
Penilaian atas lingkungan perusahaan (Assessment of The Business Environment):
Lingkungan Ekonomi (economic environment),
Lingkungan Industri (Industrial environtment)
Lingkungan global (global environments).



M E R E N C A N A K A N B I S N I S ( B U S I N E S S P L A N )
ð Untuk Siapa ?
Untuk Pengusaha (For the Entrepreneur).
Untuk Investor dan Kreditur (For Investors and Creditors).
ð Apa yang disediakan-Nya?
Uraian yang terperinci menyangkut bisnis yang diusulkan, mencakup jenis pelanggan,
kompetisi, dan fasilitas yang perlu untuk produksi.
Pengantar Bisnis “Jeff Madura” -- modified by Iwan 4



B A G I A N R E N C A N A B I S N I S
ð Cover Letter
ð Bagian 1 Ringkasan eksekutif
ð Bagian 2 Latar belakang perusahaan
ð Bagian 3 Tim Manajemen
ð Bagian 4 Rencana Keuangan
ð Bagian 5 Rencana Pemasaran
ð Bagian 7 Analisis Lokasi
ð Bagian 8 Rencana Manufaktur
ð Bagian 9 Appendix



R E N C A N A B I S N I S : B A G I A N M A N A J E M E N
ð Struktur Organisasi :
 Mengindentifikasi aturan dan tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
ð Produksi :
 Keputusan tentang proses, lokasi, dan fasilitas produksi.
ð Sumberdaya Manusia : Menghimpun lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan
guna meraih kesuksesan bisnis.



R E N C A N A B I S N I S : B A G I A N P E M A S A R A N
ð Pasar sasaran (Target Market): : Profil pelanggan sasaran.
ð Kekhasan Produk (Product Characteristics): Deskripsi rinci tentang produk.
ð Harga (Pricing): Harga atas produk.
ð Distribusi (Distribution): Bagaimana produk akan didapat pelanggan.
ð Promosi (Promotion): Bagaimana produk akan dikomunikasikan kepada target market.

R E N C A N A B I S N I S : B A G I A N K E U A N G A N
ð Kelayakan (Feasibility):
 Perkiraan biaya-biaya dan benefits bisnis, termasuk perkiraan penjualan dan seluruh
biaya.
ð Keuangan (Financing the Business) :
 Ringkasan pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.



P E R T I M B A N G A N D A L A M M E N I L A I S E B U A H R E N C A N A B I S N I S
( C O N S I D E R A T I O N S I N A S S E S S I N G A B U S I N E S S P L A N )
ð Penghasilan potensial (Potential revenue).
ð Permintaan atas produk atau jasa (Demand for product or service).
ð Biaya Produksi (Expense of production).
ð Keuntungan potensial (Overall potential for profitability).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar